Jumat, 14 Mei 2010

Akibat Fatal Salah Niat



وأخرج الإمام الترمذي في سننه بسنده, عن عقبة بن مسلم أن شفيا الأصبحي حدثه :
أنه دخل المدينة فإذا هو برجل قد اجتمع عليه الناس, فقال:
من هذا؟
فقالوا: أبو هريرة,
فدنوت منه حتى قعدت بين يديه وهو يحدث الناس. فلما سكت وخلا قلت له:
أنشدك بحق وبحق لما حدثتني حديثا سمعته من رسول الله صلى الله عليه وسلم عقلته وعلمته,
فقال أبو هريرة: افعل لأحدثنك حديثا حدثنيه رسول الله صلى الله عليه وسلم عقلته وعلمته,
ثم نشغ أبو هريرة نشغة فمكثنا قليلا ثم أفاق فقال:
لأ حدثنك حديثا حدثنيه رسول الله صلى الله عليه وسلم في هذا البيت ما معنا أحد غيري وغيره,
ثم نشغ أبو هريرة نشغة شديدة, ثم أفاق ومسح وجهه وقال:
أفعل لأ حدثنك حديثا حدثنيه رسول الله صلى الله عليه وسلم وأنا وهو في هذا البيت ما معنا أحد غيري وغيره,
ثم نشغ أبو هريرة نشغة شديدة, ثم مال خارا على وجهه, فأسندته طويلا,


ثم أفاق فقال:
حدثني رسول الله صلى الله عليه وسلم أن الله تبارك وتعالى إذا كان يوم القيامة ينزل إلى العباد ليقضي بينهم وكل أمة جاثية, فأول من يدعو به رجل جمع القرآن, ورجل قتل في سبيل الله, ورجل كثير المال, فيقول الله للقارئ:
ألم أعلمك ما أنزلت على رسولي؟
قال: بلى يا رب.
قال: فماذا عملت فيما علمت؟
قال: كنت أقوم به آناء الليل وآناء النهار,
فيقول الله له: كذبت,
وتقول له الملائكة: كذبت,
ويقول الله: بل أردت أن يقال إن فلانا قارئ فقد قيل ذلك,
ويؤتى بصاحب المال فيقول الله له: ألم أوسع عليك حتى لم أدعك تحتاج إلى أحد؟
قال: بلى يا رب. قال: فماذا عملت فيما آتيتك؟
قال: كنت أصل الرحم, وأتصدق,
فيقول الله له: كذبت,
وتقول له الملائكة: كذبت,
ويقول الله تعالى: بل أردت أن يقال فلان جواد وقد قيل ذلك,
ويؤتى بالذي قتل في سبيل الله, فيقول الله له: فيما ذا قتلت؟
فيقول: أمرت بالجهاد في سبيلك فقاتلت حتى قتلت,
فيقول الله تعالى له: كذبت,
وتقول له الملائكة: كذبت,
ويقول الله: بل أردت أن يقال فلان جريء فقد قيل ذلك.
ثم ضرب رسول الله صلى الله عليه وسلم على ركبتي فقال:
يا أبا هريرة: أولئك الثلاثة أول خلق الله تسعر بهم النار يوم القيامة

Imam At-Tirmidzi dalam kitab Sunan, dengan sanadnya, dari Oqbah bin Muslim bahwa Syafiyy Al Asbahi bercerita:

Dia memasuki kota Madinah dan mendapati satu orang yang dikerumuni banyak orang, ia bertanya:
"Siapa ini?"
Mereka menjawab: "Abu Huraira".
Aku mendekat hingga duduk tepat di depannya, sementara beliau terus berceramah.
Ketika ia selesai dan senggang aku mengatakan kepadanya:
"Saya benar-benar mendesak Anda untuk mengatakan kepada saya sebuah hadits yang anda dengar dari Rasul Allah saw dan anda fahami".
Kata Abu Huraira: "Akan saya lakukan, saya akan menyampaikan sebuah hadits dari Rasulullah saw yang telah saya fahami".
Kemudian beliau pingsan sebentar. Kami diam sejenak, setelah beliau tersadar beliau kembali berkata:
"
Saya akan menyampaikan sebuah hadits dari Rasulullah saw yang beliau ajarkan kepada saya di rumah ini, dan saat itu tidak ada orang selain saya dan beliau saw".
Abu Huraira kembali pingsan, setelah siuman beliau mengusap wajahnya dan berkata:
"
Saya akan menyampaikan sebuah hadits dari Rasulullah saw yang beliau ajarkan kepada saya di rumah ini, dan saat itu tidak ada orang selain saya dan beliau saw".
Beliau pingsan lagi, jatuh tersungkur di atas wajahnya. Aku menyandarkannya beberapa saat, hingga beliau siuman dan berkata:
"Rasulullah saw menyampaikan kepadaku bahwa perdamaian Allah saw bahwa Allah Maha Kuasa ketika hari kiamat turun ke tempat hambaNya untuk menjadi hakim mereka, setiap bangsa berlutut. Yang pertama dari dipanggil adalah orang yang hafal Alquran, orang yang terbunuh dalam peperangan di jalan Allah, dan orang yang banyak harta, Allah berkata kepada pembaca:
"Bukankah Aku telah mengajarkan kepadamu tentang apa yang Aku turunkan untuk RasulKu
?"
Dia berkata: "Ya, ya Tuhan.
Dia berkata: "Apa yang telah engkau perbuat dengan ilmu yang engkau ketahui?"
Dia berkata: "Aku selalu shalat pada malam dan dan siang hari".
Allah menyanggah: "Bohong kamu!".
Malaikat-Nya juga berkata: "Bohong kamu!".
Allah mengatakan: "Tapi kau ingin dikatakan bahwa Fulan adalah seorang Qari' (pembaca Al Qur'an) dan itu sudah dikatakan".
Kemudian didatangkan pemilik harta dan Allah berkata kepadanya:
"Bukankah Aku telah meluaskan rizkimu sehingga kamu tidak butuh uluran orang lain
?".
Dia berkata: "Ya, ya Tuhan".
Allah bertanya : "Apa yang kamu perbuat dengan apa yang Aku berikan?".
Dia menjawab: "Aku selalu menyambung tali persaudaraan dan bersedekah".
Allah menyanggah: "Bohong kamu!".
Malaikat-Nya juga berkata: "Bohong kamu!".

Allah mengatakan: "Tapi kau ingin dikatakan sebagai seorang dermawan dan hal itu sudah dikatakan".
Selanjutnya didatangkan orang yang terbunuh dalam peperangan di jalan Allah, Allah bertanya kepadanya: "Atas alasan apa kamu dibunuh?".
Dia mengatakan: "Aku diperintahkan untuk berjihad di jalanMu, aku berperang sehingga aku terbunuh".
Allah SWT berkata kepadanya: "Bohong!".
Dan para malaikat juga berkata : "Bohong!".
Allah mengatakan: "Tapi kau hanya ingin dikatakan fulan berani dan itu telah dikatakan".
Kemudian Rasulullah saw menepuk lututku dan berkata:
"Wahai Abu Huraira! mereka adalah makhluk pertama yang menjadi bahan bakar api neraka pada hari kiamat.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar