Rabu, 30 Juni 2010

Tanda-tanda sekolah yang baik

Dalam bukunya "Memilih sekolah terbaik untuk anak" Alfie Kohn menyuguhkan kepada pembaca beberapa tanda-tanda sekolah yang baik. Hal ini perlu untuk diketahui khususnya bagi orang tua yang sedang memilih tempat anaknya dalam menuntut ilmu. Baik juga untuk para pengelola sekolah, setidaknya sebagai cermin sejauh mana mutu dan kualitas sekolahannya dari sudut ilmu pendidikan.


Mebel

  1. Kursi mengelilingi meja agar bisa terjadi interaksi yang baik.
  2. Area yang nyaman untuk belajar, termasuk berbagai "pusat kegiatan".
  3. Ada ruang untuk berkumpul.
Dinding
  1. Tertutup oleh proyek siswa.
  2. Bukti kerja sama siswa.
  3. Tanda, pameran, atau daftar yang jelas dibuat oleh siswa dan bukan oleh guru.
  4. Informasi dan kesan pribadi dari orang0orang yang menghabiskan waktu bersama anak-anak di kelas itu.
Wajah siswa
  1. Bersemangat dan sibuk.
Suara
  1. Sering terdengar dengung aktifitas dan gagasan saat siswa bertindak dan bertukar pikiran.
Lokasi guru
  1. Sering bekerja bersama muridnya sehingga biasanya perlu beberapa detik untuk menemukannya.
Suara guru
  1. Penuh hormat, tulus, hangat.
Reaksi siswa terhadap pengunjung kelas
  1. Menyambut baik, bersemangat untuk menjelaskan dan mendemonstrasikan apa yang mereka kerjakan atau memanfaatkan pengunjung sebagai nara sumbernya.
Diskusi kelas
  1. Siswa sering saling menanggapi secara langsung.
  2. Menekankan pada eksplorasi masalah yang rumit dengan penuh pemikiran.
  3. Siswa bertanya setidaknya sesering guru bertanya.
Benda-benda
  1. Ruang dipenuhi buku-buku bermanfaat, peralatan seni, hewan dan tumbuhan, peralatan sains; ada "rasa berantakan yang bertujuan".
Tugas
  1. Beberapa kegiatan yang berbeda sering terjadi pada saat bersamaan.
  2. Aktifitas sering dikerjakan secara berpasangan atau berkelompok.
Sekitar sekolah
  1. Suasana yang menyenangkan: tempat orang ingin menghabiskan waktunya.
  2. Hasil karya siswa memenuhi lorong sekolah
  3. Perpustakaannya cukup lengkap dan nyaman.
  4. Kondisi kamar kecilnya baik.
  5. Ruang gurunya hangat dan mengundang.
  6. Staf administrasi ramah terhadap semua pengunjung dan siswa.
  7. Siswa membantu di kantin, perpustakaan dan tempat-tempat lain di sekolah
Sebaliknya, jika mendapati hal-hal di bawah ini kita perlu khawatir dengan pendidikan yang diberikan kepada siswa selama ini:
  1. Semua kursi menghadap ke depan atau lebih buruk lagi meja berbanjar.
  2. Dinding kosong atau tertempel poster di pasaran.
  3. Pajangan siswa a. tanpa kesalahan (patut dicurigai) b. hanya dari siswa-siswa terbaik c. hampir semua serupa.
  4. Daftar peraturan yang dibuat orang dewasa.
  5. Bukti-bukti yang menunjukkan bahwa siswa diberi rangking.
  6. Wajah kosong dan bosan siswa.
  7. Suara guru paling keras dan paling sering terdengar.
  8. Sering ada waktu hening.
  9. Guru umumnya selalu berada di tengah depan kelas.
  10. Guru bersifat mengendalikan dan memerintah, congkak dan manisnya dibuat-buat.
  11. Siswa tidak memberi reaksi terhadap kunjungan.
  12. Semua pertukaran pikiran dipimpin guru.
  13. Menekankan pada fakta dan jawaban yang benar.
  14. Ruang kelas didomonasi buku teks pelajaran atau lembar kerja.
  15. Umumnya semua siswa melakukan hal yang sama.
  16. Saat siswa tidak sedang mendegarkan guru mereka bekerja sendirian.
  17. Lingkungan sekolah kaku dan resmi.
Semoga bermanfaat!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar