Mebel
- Kursi mengelilingi meja agar bisa terjadi interaksi yang baik.
- Area yang nyaman untuk belajar, termasuk berbagai "pusat kegiatan".
- Ada ruang untuk berkumpul.
- Tertutup oleh proyek siswa.
- Bukti kerja sama siswa.
- Tanda, pameran, atau daftar yang jelas dibuat oleh siswa dan bukan oleh guru.
- Informasi dan kesan pribadi dari orang0orang yang menghabiskan waktu bersama anak-anak di kelas itu.
- Bersemangat dan sibuk.
- Sering terdengar dengung aktifitas dan gagasan saat siswa bertindak dan bertukar pikiran.
- Sering bekerja bersama muridnya sehingga biasanya perlu beberapa detik untuk menemukannya.
- Penuh hormat, tulus, hangat.
- Menyambut baik, bersemangat untuk menjelaskan dan mendemonstrasikan apa yang mereka kerjakan atau memanfaatkan pengunjung sebagai nara sumbernya.
- Siswa sering saling menanggapi secara langsung.
- Menekankan pada eksplorasi masalah yang rumit dengan penuh pemikiran.
- Siswa bertanya setidaknya sesering guru bertanya.
- Ruang dipenuhi buku-buku bermanfaat, peralatan seni, hewan dan tumbuhan, peralatan sains; ada "rasa berantakan yang bertujuan".
- Beberapa kegiatan yang berbeda sering terjadi pada saat bersamaan.
- Aktifitas sering dikerjakan secara berpasangan atau berkelompok.
- Suasana yang menyenangkan: tempat orang ingin menghabiskan waktunya.
- Hasil karya siswa memenuhi lorong sekolah
- Perpustakaannya cukup lengkap dan nyaman.
- Kondisi kamar kecilnya baik.
- Ruang gurunya hangat dan mengundang.
- Staf administrasi ramah terhadap semua pengunjung dan siswa.
- Siswa membantu di kantin, perpustakaan dan tempat-tempat lain di sekolah
- Semua kursi menghadap ke depan atau lebih buruk lagi meja berbanjar.
- Dinding kosong atau tertempel poster di pasaran.
- Pajangan siswa a. tanpa kesalahan (patut dicurigai) b. hanya dari siswa-siswa terbaik c. hampir semua serupa.
- Daftar peraturan yang dibuat orang dewasa.
- Bukti-bukti yang menunjukkan bahwa siswa diberi rangking.
- Wajah kosong dan bosan siswa.
- Suara guru paling keras dan paling sering terdengar.
- Sering ada waktu hening.
- Guru umumnya selalu berada di tengah depan kelas.
- Guru bersifat mengendalikan dan memerintah, congkak dan manisnya dibuat-buat.
- Siswa tidak memberi reaksi terhadap kunjungan.
- Semua pertukaran pikiran dipimpin guru.
- Menekankan pada fakta dan jawaban yang benar.
- Ruang kelas didomonasi buku teks pelajaran atau lembar kerja.
- Umumnya semua siswa melakukan hal yang sama.
- Saat siswa tidak sedang mendegarkan guru mereka bekerja sendirian.
- Lingkungan sekolah kaku dan resmi.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar